Home » » Filsafat Barat Abad Pertengahan

Filsafat Barat Abad Pertengahan


Image result for filsafat barat abad pertengahan


Setelah filsafat Yunani mengalami kemegahan dan kejayaannya dengan hasil sangat gemilang, yaitu melahirkan peradapan Yunani. Menurut pandangan sejarah filsafat dikemukakan bahwa peradaban yunani merupakan titik tolak peradaban manusia di dunia.
Maka pandangan sejarah filsafat dikemukakan manusia di dunia. Maka giliran selanjutnya adalah warisan peradaban yunani jatuh ke tangan kekuasaan Romawi. Kekuasaan Romawi memperlihatkan kebesaran dan kekuasaannya hingga daratan. 
Filsafat barat abad pertengahan (476-1492) juga dapat dikatakan sebagai “abad gelap”, karena pendapat ini didasarkan pada pendekatan sejarah gereja. Memang pada saat itu tindakan gereja sangat membelenggu kehidupan manusia, sehingga manusia tidak lagi memiliki kebebasan untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya.
Para ahli pikir pada saat itu tidak memiliki kebebasan berpikir, apabila terdapat pemikiran-pemikiran yang bertentangan dengan ajaran gereja orang yang mengemukakannya akan mendapatkan hukuman berat. Pihak gereja melarang diadakannya penyelidikan-penyelidikan berdasarkan rasio terhadap agama. Karena itu kajian terhadap agama yang tidak berdasarkan ketentuan gereja akan akan mendapatkan larangan yang ketat. Sedangkan ciri-ciri pemikiran filsafat barat abad pertengahan






Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Filsafat Barat Abad Pertengahan yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 21.08

0 komentar:

Posting Komentar