Home » » Filsafat islam dan Objeknya | Makalah Lengkap

Filsafat islam dan Objeknya | Makalah Lengkap


Image result for filsafat islam dan objeknya


Pembicaraan tentang filsafat Islam tidak bisa terlepas dari pembicaraan filsafat secara umum. Berpikir filsafat merupakan hasil usaha manusia yang berkesinambungan diseluruh jagad raya ini. Akan tetapi, berpikir filsafat dalam arti berpikir bebas dan mendalam atau radikal yang tidak pengaruhi oleh dogmatis dan tradisi disponsori oleh filosof-filosof Yunani.
Oleh karena itu, sebelum kita memperkenalkan filsafat Islam secara khusus, ada baiknya kita perkenalkan terlebih dahulu filsafat secara umum.

Akal merupakan salah satu aungerah Allah swt yang paling istimewa bagi manusia. Sudah sifat bagi akal manusia yang selalu ingin tahu terhadap segala sesuatu termasuk dirinya sendiri. Pengetahuan yang dimiliki oleh manusia bukan dibawa sejak lahir karena manusia ketika dilahirkan belum mengetahui apa-apa. Allah berfirman dalam Al-Qur’an surat An-Nahl: 78 yang berbunyi sebagai berikut:
Artinya
“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (Q.S. An-Nahl: 78).
Ada dua bentuk pengetahuan, yaitu pengetahuan yang bukan berdasarkan hasil usaha aktif manusia. Pengetahuan pertama diperoleh manusia melalui wahyu, sedangkan pengetahuan yang kedua diperoleh oleh manusia melalui indra dan akal.[1] Pengetahuan dalam bentuk kedua ini ada yang disebut dengan pengetahuan indra, pengetahuan ilmu (sains), dan pengetahuan filsafat.[2]


[1] Jujun S.Suria Sumantri, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan, 1985, hal. 44.
[2] Harun Nasution, Akal dan Wahyu Dalam Islam, Jakarta: Universitas Indonesia, 1985, hal. 1






Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Filsafat islam dan Objeknya | Makalah Lengkap yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 21.37

0 komentar:

Posting Komentar