Proses kreativitas adalah pengalaman belajar yang hendak
menggerakan potensi kreatif anak tumbuh seyogyanya mengintegrasikan
berfungsi kedua belah otak secara harmonis dan menyatu. Pengalaman belajar yang
hanya mementingkan persepsi kognitif yang sarat akan membebani belahan otak
sebelah kanan.
Selain itu, akan juga mematikan motivasi untuk belajar. Meskipun kekhususan perkembangan kedua belah otak tidak bersifat mutlak, namun begitu interaksi perkembangan intelektual dengan lingkungan berarti proses belajar yang harmonis yang mencakup berfikir liniar maupun imaginative.
Tugas pendidik (orang tua dan guru) ialah mengusahakan
suatu lingkungan yang memungkinkan anak mengembangkan bakat-bakatnya secara
optimal yang. Yang dimaksud dengan lingkungan Pendidikan ialah segala pengaruh
yang diterima seseorang sejak lahirnya, bukan sejak ia masuk sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar