Home » » Biografi dan Cara Istimbat Hukum Imam Maliki

Biografi dan Cara Istimbat Hukum Imam Maliki

A.    BIOGRAFI IMAM  MALIK
1.    Kelahiran Imam  Malik
Imam  Malik dilahirkan di kota madinah daerah hijaz pada tahun 93 H (712M). Nama beliau adalah malik bin abi amir. Salah seorang kakaeknya datang ke madinah lalu berdiam di sana. Kakaeknya abu amir seorang sahabat yang turut menyaksikan segala peperangan nabi selain perang badar.
Pada masa Imam  Malik dilahirkan, pemerintahan islam ada di tangan kekuasaan kepala Negara sulaiman bin abdul maliki ( dari bani umayah yang ke tujuh). Kemudian setelah beliau menjadi seorang alim besar dan dikenal di mana-mana, pada masa itu pula penyelidikan beliau tentang hukum-hukum keagamaan di akui dan diikuti oleh sebagian kaum muslimin. Buah hasil ijtihad beliau itu dikenal oleh orang banyak dengan madzhab Imam  Malik.
2.    Pendidikan Imam  Malik
Beliau mempelajari ilmu pada ulama-ulama madinah, diantara para tabiin, para cerdik pandai dan para ahli hukum agama.
Guru beliau yang pertama adalah abdur rahman ibnu hurmuz, beliau dididik di tengah-tengah mereka itu sebagai seorang anak yang cerdas pemikiran, cepat menerima pelajaran, kuat ingatan dan teliti. Dari kecil beliau membaca al-qur'an dengan lancer di luar kepala dan mempelajari pula tentang sunnah dan selanjutnya setelah dewasa eliau belajar kepada para ulama dan fuqaha. Beliau menghimpun pengetahuan yang di dengar dari mereka, menghafalkan pendapat-pendapat mereka, menaqal atsar-atsar mereka, mempelajari dengan seksama pendirian-pendirian atau aliran-aliran mereka, dan mengambil kaidah-kaidah mereka sehingga beliau pandai tentang semua itu.






Ditulis Oleh : Unknown ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Biografi dan Cara Istimbat Hukum Imam Maliki yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 23.59

0 komentar:

Posting Komentar