Home » » Evolusi dan Revolusi Sosial | Perubahan Berpengaruh Kecil Dan Besar

Evolusi dan Revolusi Sosial | Perubahan Berpengaruh Kecil Dan Besar



Perubahan yang berpengaruh kecil yaitu perubahan yang tidak memberi pengaruh yang berarti kepada masyarakat. Yaitu perobahan pada unsur struktur sosial. Misalnya perobahan logat atau bahasa. Dalam hal ini yang berobah hanyalah ucapan, bukan laku perbuatan. Perobahan besar mengakibatkan perobahan-perobahan dalam lembaga-lembaga sosial. Perobahan itu membawa pengaruh yang besar. Berbagai lembaga sosial akan terpengaruh, misalnya hubungan kerja, hubungan kekeluargaan, lembaga pendidikan, sistem milik, stratifikasi masyarakat. Perobahan cara berpakaian berpengaruh kecil. Tetapi, perobahan politik, misalnya dari dijajah menjadi merdeka, berpengaruh besar pada masyarakat. Perbandingkanlah perobahan-perobahan besar lembaga-lembaga  sosial di Indonesia dan Malaysia yang dibawa oleh kemerdekaan.

Image result for evolusi dan revolusi
Demikian pula perobahan agama membawa perobahan besar. Perobahan yang ditimbulkan oleh agama-agama yang memasuki Nusantara demikian besarnya, sehingga ia dijadikan dasar pembabakan waktu (periodisasi) sejarah, yaitu zaman prasejarah (ketika penduduk menganut agama asli), zaman nusantara Hindu/Budha (ketika agama budha/hindu) dan nusantara islam (ketika penduduk menganut agama islam).






Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Evolusi dan Revolusi Sosial | Perubahan Berpengaruh Kecil Dan Besar yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 16.13

0 komentar:

Posting Komentar