Home » » Demokrasi dan Perkembangannya di Indonesia

Demokrasi dan Perkembangannya di Indonesia


Hampir semua negara di dunian menyakini demokrasi sebagai “tolak ukur tak terbantah  dari ke absahan politik.” Kenyakina bahwa kehendak rakyat adalah dasar utama kewenangan pemerintah menjadi basis bagi tegak kokohnya sistem politik demokrasi. Hal itu menunjukan bahwa rakyat di letakkan pada posisi penting walau pun secara operasional implikasinya di berbagai negara tidak selalu sama. Tidak ada negara yang ingin dikatakan sebagai negara yang tidak demokratis atau negara otoriter.
Demokrasi adalah bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut.
Image result for Demokrasi dan Perkembangannya di Indonesia

1. Pengertian Demokrasi
Secara etimologis, demokrasi berasal bahasa Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat atau penduduk dan cratein yang berarti kekuasaan atau kedaulatan. Dengan demikian, secara bahasa demokrasi adalah keadaan negara di mana kedaulatan atau kekuasaan tertingginya berada di tangan rakyat. Konsep demokrasi diterima oleh hampir seluruh negara di dunia. Diterimanya konsep demokrasi disebabkan oleh keyakinan mereka bahwa konsep ini merupakan tata pemerintahan yang paling unggul dibandingkan dengan tata pemerintahan lainnya. Demokrasi telah ada sejak zaman Yunani Kuno. Presiden Amerika Serikat yang ke- 16, Abraham Lincoln mengatakan bahwa demokrasi adalah goverment of the people, by the people and for people.(Pemerintahan adalah rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat).

2. Macam-Macam Demokrasi
Menurut cara penyaluran kehendak rakyat, demokrasi dibedakan atas :
  • Demokrasi Langsung (Direct Demokracy)
Demokrasi adalah sistem demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan atau urusan  kenegaraan. Demokrasi langsung dapat diterapkan misalnya pemilihan presiden secara langsung oleh rakyat atau pemeliharaan kepala desa.


  • Demokrasi Tidak Langsung (Indirect Demokracy)
Demokrasi tidak langsung adalah sistem demokrasi yang tidak melibatkan seluruh rakyat dalam pengambilan keputusan, tetapi rakyat memberikan kepercayaan kepada wakil-wakilnya untuk membicarakan dan menentukan masalah-masalah kenegaraan.








Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Demokrasi dan Perkembangannya di Indonesia yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 04.53

0 komentar:

Posting Komentar