Dari kajian teori belajar pengolahan informasi terungkap
bahwa tanpa adanya perhatian tidak mungkin terjadi belajar, (Gage dan Berliner,
1984: 335). Perhatian terhadap pelajaran akan timbul pada siswa apabila bahan
pelajaran sesuai degan kebutuhannya. Motivasi adalah tenaga yang menggerakkan
dan mengarahkan aktivitas seseorang
Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh guru untuk
memberikan pelayanan perbedaan individual melalui proses pembelajaran, yaitu :
1.
Anak-anak
yang tergolong cerdas akan berkembang sesuai dengan kemampuannya dengan cara :
akselerasi, yakni memberikan kesempatan kepada siswa tersebut untuk naik kelas
lebih cepat satu atau dua tingkat sekaligus.
2.
Pengajaran
individual, yang dilaksanakan dalam bentuk pemberian tugas kepada setiap
individu siswa yang juga dinilai secara individual.
3.
Penyelenggaraan
kelas khusus bagi siswa yang cerdas.
Bagi siswa yang lambat dapat diselenggarakan
kelas remedial yang bertujuan untuk mengadakan perbaikan
0 komentar:
Posting Komentar