Home » » Cabang Cabang Filsafat Etika dan Estetika

Cabang Cabang Filsafat Etika dan Estetika

Filsafat yang dibahas dalam Makalah ini, mula-mula merujuk pada penelusuran secara historis tentang perkembangan filsafat yang dimulai pada masa Yunani Kuna. Di masa Yunani Kuna (abad IV – VI SM), anggapan berfilsafat selalu diartikan sebagai upaya manusia dalam mencari kebijaksanaan. Upaya ini sejalan dengan melihat secara etimologis tentang arti filsafat, yaitu philosophia, yang artinya senang, suka (philos) akan kebijaksanaan (sophia).
Image result for Cabang Cabang Filsafat Etika dan EstetikaBagi orang Yunani, senang akan kebijaksanaan selalu diarahkan dengan kepandaian yang bersifat teoritis dan praktis. Kepandaian bersifat teoritis adalah upaya manusia mencari pengetahuan yang penuh dengan gagasan dan idea-idea, ataupun konsep-konsep yang tentunya sejalan dengan cara atau alam pikiran mereka. Pada mulanya gagasan ataupun idea-idea bangsa Yunani diarahkan untuk memahami alam semesta ini dengan cara membuat atau menghadirkan mitos-mitos. 
Di dalam mitos-mitos itulah kekuatan alam semesta berada pada genggaman para penguasanya yaitu para Dewa. Dengan demikian manusia atau bangsa Yunani sangat tergantung pada alam pikiran yang bersifat magis bahkan dianggap tidak rasional, karena hanya di tangan para Dewa lah dunia dengan segala isinya itu hadir diantara mereka (Jujun S.Sumatriasumatri: 1988,hal.23).




Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Cabang Cabang Filsafat Etika dan Estetika yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 04.44

0 komentar:

Posting Komentar