Home » » Aspek Pendidikan Yang Terkandung dalam Rukun Iman pada Kehidupan Ahirat

Aspek Pendidikan Yang Terkandung dalam Rukun Iman pada Kehidupan Ahirat

Aspek Pendidikan Yang Terkandung dalam Rukun Iman pada Kehidupan Ahirat

Percaya kepada adanya kehidupan akhirat merupakan rukun iman yang kelima. Beriman kepada hari akhir sesudah beriman kepada allah menunjukan bahwa beriman kepada adanya kehidupan diakhirat merupakan hal yang amat penting. Karena hal tersebut berisikan pesan bahwa seseorang yang beriman kepada allah dalam arti yang sesungguhnya atau pura-pura beriman. Hanya dapat dilihat hasilnya diakhirat nanti.
Demikian pula seseorang yang melakukan amal ibadah dalam konteks iman kepada allah akan dapat dilihat hasilnya diakhirat nanti.
Image result for aspek pendidikan


Pada surat al-baqorah ayat 177 menyebutkan bahwa orang yang beriman kepada hari akhir dan beriman kepada allah merupakan ciri orang yang benar-benar bertakwa. Disebutkannya beriman kepada hari Akhir sesudah beriman kepada Allah menunjukkan bahwa beriman kepada adanya kehidupan akhirat merupakan hal yang sangat penting. Dalam berbagai literatur dijumpai adanya keimanan yang bertingkat-tingkat. Begitu pula keimanan terhadap hari akhir, seharusnya tidak hanya memiliki dampak positif di Akhirat saja, melainkan dunia juga.
Berkenaan dengan itu, pada bab ini diajak untuk mendalami makna beriman pada kehidupan akhirat dengan rujukan utama surat Qaaf ayat 19-23, Al-A’la ayat 14-17 dan surat Al-Hadid ayat 20. fokus kajian ini tidak semata-mata memahami ayat dari segi tekstualnya sebagaimana dijumpai dalam kitab-kitab tafsir, melainkan akan dikaji pula nilai-nilai pendidikan yang terkandung didalamnya, serta bagaimana upaya-upaya mendidik keimanan tersebut yang efektif pada anak didik.





Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Aspek Pendidikan Yang Terkandung dalam Rukun Iman pada Kehidupan Ahirat yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 10.10

0 komentar:

Posting Komentar