Home » » Anak Berkebutuhan Khusus Dan Faktor Yang Penyebabnya

Anak Berkebutuhan Khusus Dan Faktor Yang Penyebabnya


Image result for faktor penyebab anak berkebutuhan khusus


Anak berkebutuhan khusus memiliki makna dan spektrum yang lebih luas dibandingkan dengan konsep anak luar biasa (exceptional children). Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang secara pendidikan memerlukan layanan yang spesifik yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya.
Anak berkebutuhan khusus ini memiliki apa yang disebut dengan hambatan belajar dan hambatan perkembangan (barier to learning and development). Oleh sebab itu mereka memerlukan layanan pendidikan yang sesuai dengan hambatan belajar dan hambatan perkembang yang dialami oleh masing-masing anak.
Istilah anak berkebutuhan khusus (berkelainan) dalam percakapan sehari-hari dikonotasikan sebagai suatu kondisi yang menyimpang dari rata-rata umumnya. Penyimpangan tersebut memiliki nilai lebih atau kurang. Efek penyimpangan yang dialami oleh seorang seringkali mengandung perhatian orang-orang yang ada di sekelilingnya, baik sesaat maupun berkelanjutan. Dalam pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus anak berkelainan, istilah penyimpang secara eksplisit ditujukan kepada anak yang dianggap memiliki kelainan penyimpang dari kondisi rata-rata anak normal umumnya, dalam hal fisik, mental, maupun karakteristik perilaku sosialnya (Kirk, 1970; Heward dan Orlansky, 1988) atau anak yang berbeda dari rata-rata umumnya, dikarenakan ada permasalahan dalam kemampuan berfikir, penglihatan, pendengaran, sosialisasi, dan bergerak (Hallahan dan Kauffman).





Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Anak Berkebutuhan Khusus Dan Faktor Yang Penyebabnya yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 00.55

0 komentar:

Posting Komentar