Home » » Keuangan Islam di Era Ekonomi Global

Keuangan Islam di Era Ekonomi Global

Image result for ekonomi global



Keuangan Islam tidak lagi dapat dianggap sebagai mode yang using (kuno) ataupun  sebagai epifenomena (fenomena sekunder) Revivalisme Islam. Pada saat ini, institusi-institusi keuangan Islam sudah beroperasi di lebih dari 70 negara.
Aset bank-bank tersebut telah mengalami peningkatan lebih dari 40 kali lipat sejak tahun 1982 dengan capaian melebihi $ 200 Milyar. Pada tahun 1996 dan 1997 mereka mengalami pertumbuhan dengan tingkat rata-rata pertahun masing-masing mencapai 24% dan 26%. Berdasarkan beberapa estimasi tertentu (yang mungkin terlalu optimistis) lebih dari setengah simpanan tabungan dunia Islam di masa mendatang akan dikelola oleh institusi-institusi keuangan Islam.
Bank Islam pertama kali didirikan pada tahun 1970-an, bertepatan dengan permulaan Aggiornamento (proses modernisasi/pembaruan) doktrin Islam dalam bidang perbankan. Ketika itu bank-bank Islam adalah bank-bank komersial yang beroperasi dengan dasar bebas bunga. Sekarang ini, sebagai konsekuensi dari perubahan besar dalam lingkungan politik ekonomi, sebuah generasi baru institusi-institusi keuangan Islam yang lebih beragam dan inovatif, muncul bersama dengan proses pembaruan pada doktrin Islam. Barangkali, perkembangan yang terpenting saat ini adalah makin terintegrasinya keuangan Islam ke dalam ke ekonomi Islam global.


Download File


Ditulis Oleh : Dzaky Sulaiman ~Materi Pendidikan

seocips.com Anda sedang membaca artikel berjudul Keuangan Islam di Era Ekonomi Global yang ditulis oleh Materi Pendidikan yang berisi tentang : yang suka dengan artikel tersebut silahkan Download dan klik share...

Blog, Updated at: 21.49

0 komentar:

Posting Komentar